Monday, October 27, 2014

Negara penduduk terbanyak sedunia, Indonesia mendapat ranking ke 4

Dalam survey awal tahun 2014, hasil jumlah sensus penduduk dunia Indonesia masuk ranking 5besar bersaing dengan Negara Brasil di posisi ke 5. Indonesia berada di peringkat ke-4 dengan jumlah penduduk mencapai 253,60 juta jiwa dan disusul Brasil yang mencapai 202,65 juta jiwa. Negara tetangga Indonesia, yakni Malaysia berada di peringkat ke-43 dengan jumlah penduduk yang mencapai 30,07 juta jiwa berdasarkan biro sensus AS per 2014 ini. 

Dengan jumlah penduduk yang tidak sedikit ini, seharusnya ditunjang dengan perubahan infrastruktur negara dan tata kota yang menunjang untuk masyarakat. Disamping itu juga dari sisi masyarakat juga harus ditingkatkan dalam kepedulian lingkungan. Tidak melulu hanya menuntut untuk perubahan negeri serta merta merusak fasilitas negara yang telah ada. 

Seharusnya dari kelebihan jumlah penduduk ini, Indonesia tidak perlu pusing-pusing untuk mencari SDM sebagai pegawai atau pelaksana pembangunan negara. Indonesia hanya perlu membenahi mutu SDM dari segi ilmu, wawasan, atitude. Dan hendaknya perubahan itu ebih mudah dilaksanakan dan ditanamkan ketika sejak dini. Misal dengan perubahan sistem pendidikan dari TK – SD penanaman kepedulian lingkungan dan kemandirian. Ya boleh saja sedikit banyak kita meniru sistem pendidikan seperti di Jepang dan Korea yang menanamkan jujur dan disiplin sejak dini. Itu membentuk karakter masyarakat menjadi jujur dan meminimalisir tindakan korupsi dari akar – akarnya.


Sumber : http://finance.detik.com/read/2014/03/06/134053/2517461/4/negara-dengan-penduduk-

No comments:

Post a Comment